Preview Grand Prix Hassan II 2011 – Hari 6


Tanggal 9 April pun datang, tepatnya pada hari ini. Hari ini merupakan salah satu hari terpenting dalam penyelenggaraan Grand Prix Hassan II. Ada tiga pertandingan hari ini, dua semifinal Tunggal Putra dan satu adalah Grand Final Ganda Putra. Penasaran?

Yang pasti, pada semifinal kali ini, ada dua pertandingan yang akan dilangsungkan. Yang pasti, jumlah peserta semifinal adalah 4. Unggulan teratas Albert Montañes dari Spanyol harus berhadapan dengan rekan senegaranya yang tidak diunggulkan, Pablo Andujar. Sama-sama berasal dari Spanyol, mereka harus bersaing satu sama lain untuk memperebutkan satu tempat di babak final kali ini. Yang membuat pertandingan ini semakin menarik adalah, kedua peserta berada di 100 besar.

Berdasarkan catatan pertemuan, Montañes unggul 2-0 atas Andujar dalam pertemuan terakhir. Mereka bertemu pertama kali dalam ajang Perancis Terbuka pada tahun 2007, dimana Montañes memenangkannya dengan skor 6-2, 7-6(6). Di kali kedua mereka bertemu, pertandingan mereka berlangsung seru. Yaitu, pada perdelapanfinal Brasil Open 2010. Montañes kembali menang, tetapi kali ini dengan skor yang berbeda – yaitu 6-3, 6-2. Uniknya, semua pertemuan mereka dimainkan di hanya satu jenis lapangan – tanah liat!

Kemudian masih ada satu pertandingan tunggal yang luar biasa. Pertandingan ini merupakan pertandingan antar unggulan. Unggulan kelima Potito Starace harus berhadapan dengan unggulan kedelapan Victor Hanescu. Secara peringkat, Starace lebih unggul dengan menempati peringkat ke-47. Sementara, Hanescu menempati peringkat ke-58. Selisihnya lumayan jauh, 11 peringkat. Jauh atau terlalu dekat??

Berdasarkan catatan pertemuan, kedudukan mereka imbang 2-2. Pertama kali mereka bertemu di Gstaad pada tahun 2004, tepatnya pada babak perdelapanfinal. Starace memenangkan pertandingan tersebut dengan skor 3-6, 7-6(3), 7-6(1). Setahun kemudian di Bucharest, mereka kembali bertemu. Kali ini, yang menang adalah Victor Hanescu dengan skor 6-3, 6-2. Tidak mau kalah tahun 2007, karena di tahun tersebut mereka bertemu dua kali. Yang pertama adalah di Lugano, Swiss – mereka bermain salah satu turnamen challenger. Starace memenangkan pertandingan dengan skor yang sama ketika Hanescu mengalahkannya, 6-2, 6-3 – tapi setnya dibalik. Apakah ini merupakan ajang balas dendam??

Kemudian, Hanescu dan Starace kembali bertemu di Bucharest, mengulangi pertandingan yang sama dua tahun lalu. Perbedaannya adalah, kalau pada tahun 2005 mereka bertemu di babak penyisihan, sedangkan ini bertemu di babak perempatfinal. Gara-gara kekalahan di Lugano, Hanescu membalaskan kekalahannya dengan skor 7-6(5), 7-5. Tiga tahun kemudian (2010), di Valencia, mereka bertemu lagi. Hasilnya, Starace menang dengan skor 4-6, 6-4, 6-2 – dan itu pun di babak semifinal. Jika catatan pertemuan ini termasuk pertandingan mereka di Lugano yang merupakan challenger, sebetulnya Starace unggul 3-2.

Lain lagi di pertandingan Grand Final kategori ganda. Isinya pemain yang spesialis ganda semua, jadi tidak ada peserta merangkap peserta tunggal di sana. Unggulan pertama Robert Lindstedt dari Swedia dan Horia Tecau dari Rumania harus bertemu Colin Fleming dari Britania Raya dan Igor Zelenay dari Slowakia. Mungkin karena mereka sama-sama spesialis ganda, maka mereka harus bekerja keras untuk memperebutkan satu tujuan – memenangkan turnamen ini. Walaupun turnamen ini bisa dibilang berstrata 3 (karena merupakan seri 250 ATP), tetapi pertandingan ini sangat berat. Karena, pertandingan ini kemungkinan akan didominasi oleh kedua belah pihak.

Kalau dari sekilas pengalamannya saja, Lindstedt dan Tecau lebih unggul. Kelihatannya di musim ini, mereka sering bermain bersama di berbagai turnamen. Berbekal juara bertahan tahun lalu, mereka akan menyiapkan fisik dan mental sebelum bertanding pada hari ini waktu setempat. Sedangkan Fleming dan Zelenay juga memiliki pengalaman yang cukup untuk bermain di turnamen setingkat ini, apalagi pertandingan kaliber pertandingan besar seperti ini. Pertanyaannya, siapa yang bakal menang?

Siapakah diantara Lindstedt/Tecau dan Zelenay/Fleming keluar sebagai juara? Apakah terjadi pertandingan antar unggulan di babak final Tunggal Putra? Selamat berjuang – semoga sukses!

Perihal tatasport
I'm the big fan of sports, music, and spelling bee. But for the music, I'm interested in European music because I"m bored with World Hits, and I also interested in Indonesian folk songs, such as Ampar-Ampar Pisang. The sports that I like most is tennis and soccer. For the spelling bee, I like the most to compete at Scripps National Spelling Bee, but I think that may be not realized, so I want to compete at MaRRS International Spelling Bee by online qualification. Plus, at the spelling bee, my best is the semifinalist of regional competition.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: