HARI INI: 33 tahun yang lalu, Izhar Cohen dan Alphabeta jadi juara Eurovision


Kembali dalam sejarah. Tahun 1978. Mulai tahun yang satu ini, mulai saja bermunculan lagu-lagu nostalgia (bahkan sejak tahun 1950-an). Justru malah tahun 1900-an yang mengingatkan kita ke masa-masa nostalgia, apalagi tahun 1970-an dan 1980-an, dimana belantika musik dunia mencapai puncaknya. Yup, zaman pada waktu itu merupakan zaman nostalgia.

Masih terbayang dalam ingatan kita, kemenangan pertama Israel di Kontes Lagu Eurovision. Baru berapa kali Israel mengikuti Kontes Lagu Eurovision, langsung menang. Bukannya debut langsung menang? Memang bukan. Malah, beberapa tahun kemudian, ada negara debut langsung menang – Serbia! (2007). Siapa yang mewakili Israel?

Izhar Cohen & Alphabeta menampilkan A-Ba-Ni-Bi

Izhar Cohen & Alphabeta menampilkan "A-Ba-Ni-Bi"

Israel pada saat itu diwakili oleh Izhar Cohen dan Alphabeta. Mereka menyanyikan lagu berjudul A-Ba-Ni-Bi. Memang, lagu ini tidak ada artinya. Tetapi, kalau ba dan bi-nya dihilangkan, maka itu akan menjadi Ani. Kalau di Indonesia, itu menjadi nama orang. Kalau bahasa Arab maupun Ibrani lain lagi artinya – saya atau aku (artinya). Tapi, kalau bahasa Arab sehari-hari (yang sering kita dengar), jadi ane. Mungkin judul lagu itu terinspirasi dari “bahasa mainan” (language game) yang sering kita dengar sehari-hari.

Ternyata, lagunya cukup menarik perhatian berbagai negara. Lima kali Israel mendapatkan 12 poin, poin tertinggi yang diberikan setiap negara kepada negara lainnya dalam suatu pemungutan suara. Total poin 60. Itu hanya dari 5 x 12 poin. Belum poin dari negara-negara lain. Sampai 100 pun ada. Tapi skor akhirnya berapa?

20 negara mengikuti kontes ini. Irlandia mendapatkan urutan tampil pertama dua tahun berturut-turut, tahun 1977 dan 1978. Kontes ini diselenggarakan di Palais des Congrès yang terletak di Paris, Perancis. Perancis terpilih sebagai tuan rumah karena kemenangan Marie Myriam yang mewakili negara itu pada tahun sebelumnya.

Atas kemenangan inilah, pada tahun 1979, Israel terpilih sebagai tuan rumah. Kontes tahun 1979 diselenggarakan di Tel Aviv, Israel (bukan di Jerusalem seperti yang kita kira). Dan kemenangannya disambut gembira rakyat Israel (ada konvoi tidak ya??) karena ini merupakan gelar juara pertama Israel di festival lagu Eropa tahunan ini.

Selamat bagi Israel yang memenangkan kontes untuk pertama kalinya hari ini 33 tahun yang lalu! Semoga sukses juga di Kontes Lagu Eurovision 2011!

Perihal tatasport
I'm the big fan of sports, music, and spelling bee. But for the music, I'm interested in European music because I"m bored with World Hits, and I also interested in Indonesian folk songs, such as Ampar-Ampar Pisang. The sports that I like most is tennis and soccer. For the spelling bee, I like the most to compete at Scripps National Spelling Bee, but I think that may be not realized, so I want to compete at MaRRS International Spelling Bee by online qualification. Plus, at the spelling bee, my best is the semifinalist of regional competition.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: